AGROWANGI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP

AGROWANGIsociopreneur adalah kemitraan usaha berbasis masyarakat dengan tujuan meningkatkan nilai sosial-ekonomi sehingga terjaga dari kerentanan sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan ketaqwaan. Objek usaha yang dikembangkan antara lain: kemitraan ternak kambing/domba, kemitraan ternak sapi, kemitraan hortikultura dan beberapa kemitraan usaha lain yang selaras dengan potensi dan kearifan lokal.
ALAMAT: Dusun Krajan RT/RW. 03/01 Desa Sembulung Kec. Cluring Kab. Banyuwangi. EMAIL: agrowangi2011@gmail.com TELP/WhatsApp: 0821 4100 5157

Minggu, 05 Juni 2016

FENOMENA SINGLE PARENT PEDESAAN

Mungkin fenomena ini tidak kita jumpai di perkotaan. Mereka tidak menyerah pada keadaan dan cengen menerima kenyataan. Single Parent merupakan salah satu kriteria Mitra Usaha dari Agrowangi Social Entrepreneurship.
Sering kali kita temui Single Parent di pedesaan berusaha hidup mandiri dan berdikari. Mereka tidak mengenal lelah dan putus asa dalam menghidupi keluarganya, terlebih bagi mereka yang masih punya anak usia sekolah.
Bagi mereka yang berkategori ekonomi lemah, hanya tenaga sebagai tumpuan mencari nafkah. Umumnya mereka bekerja sebagai buruh tani dan serabutan (bekerja apa saja).
Mereka pada umumnya juga memiliki hewan peliharaan, entah itu unggas ataupun domba sebagai tabungan. Dalam pandangan mereka, tabungan bukan saldo yang terendapkan di Bank, tetapi hewan ternak sebagai jaminan biaya kesehatan, biaya sekolah dan investasi jangka panjang keluarga. Dan tidak semua hewan ternak miliknya sendiri, tidak sedikit dari mereka sebagai penggaduh (memelihara milik orang lain).
Telah ada beberapa Program Pemerintah yang memberdayakan mereka diantaranya Feminisasi Kemiskinan dan Mother Care. Tetapi program ini belum bisa mencakup seluruh singgle parent ekonomi lemah yang ada di desa. Semoga program ini bisa dikembangkan di seluruh daerah, khususnya di tingkat kabupaten-kabupaten dan berkelanjutan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar