Kantor:

KANTOR: Jl. SMPN 1 Sempu No. 1 Karangsari Kec. Sempu Kab. Banyuwangi Jawa Timur. Email: agrowangi2011@gmail.com

Kamis, 19 Januari 2012

TIPS PENGENDALIAN DAN PENGOBATAN CACAR BUAH / PATEK, BUSUK BUAH, BUSUK DAUN, BERCAK DAUN DAN BUSUK BATANG

Pada prinsipnya, penyebab serangan penyakit diatas adalah jamur (fungi) dalam tingkatan (ordo) yang sama hanya suku (family) yang berbeda-beda. Telah banyak diciptakan bahan aktiv obat-obatan yang memiliki spectrum (jangkauan pengobatan) yang luas meskipun memiliki keterbatasan karena sifat kimiawinya. Karena begitu banyaknya suku golongan jamur, terkadang bahan aktiv tersebut lemah mengendalikan suku tertentu dan handal dalam mengobati suku yang lain walaupun dalam satu tingkatan (ordo) yang sama.

Karena serangan penyakit di atas bersifat sporadic (menyebar dengan cepat) dan berdampak pada gagal panen, sebaiknya tindakan preventif (pencegahan) dilakukan jauh hari sebelum terjangkit. Terlebih musim hujan seperti sekarang ini, sangat menunjang pertumbuhan dan penyebaran penyakit tersebut.

Terlepas dari banyaknya bahan aktiv fungisida, baik yang bersifat kontak maupun sistemik, kami mencoba menggunakan pengobatan standart dengan bahan aktiv yang sudah banyak dikenal petani khususnya petani cabe.

a. Tindakan Preventif (Pencegahan).
Cacar Buah / Patek
1. Pilih varietas yang cocok untuk musim penghujan. Adapun ciri-ciri umum; karakter buah tidak keras (buah agak lentur); saat muda buah berwarna hijau muda, tidak hijau kelam; jarak antar ruas batang (internodus) agak panjang, tidak pendek-pendek. Biasanya kelemahan dari buahnya mudah terserang BAJANG (buah menguning).
2. Perlebar jarak tanam, buat system penanaman zigzag, kurangi jumlah daun dengan cara dipotong hingga 25% terutama bagian bawah. Hal ini bertujuan menjaga sirkulasi udara sehingga disekitar tanaman tidak terlalu lembab.
Busuk Buah
3.  Setelah 7 HST, gunakan obat kontak bahan aktiv klorotalonil, mankozeb atau propined secara bergantian.
4. Setelah 30 HST, gunakan obat kontak seperti point 3 secara bergantian, campur dengan obat sistemik tebuconazol, defenokonazol, azoksistrobin, dll  juga secara bergantian.
5. Gunakan perekat, perata dan penembus dalam penyemprotan.
6.  Saat curah hujan tinggi, sebaiknya penyemprotan dilakukan tiga hari sekali.
7. Dalam penyemprotan, sebaiknya gunakan air yang kita yakini aman, tidak terjangkit penyebaran spora jamur.
Busuk Daun
8. Kendalikan pemupupukan, kurangi penggunaan pupuk dengan kandungan N tinggi.
9. Jika terdapat tanaman yang terjangkit, segera isolasi dan buang jauh-jauh.
10. Gunakan obat tetap sesuai takaran yang dianjurkan (Baca di label kemasan obat).
11. Jika sebelum umur 30 HST sudah terindikasi terjangkit penyakit, obat sistemik segera dimasukan.

b. Pengobatan Saat Sudah terjangkit
1. Hentikan penggunaan pupuk dengan kandungan N tinggi, baik pupuk kocor maupun daun.
Busuk Batang
2. Sistemik dan kontak disemprotkan secara bersamaan.
3. Pilih bahan aktiv yang digunakan secara bergantian baik sistemik maupun kontak (tidak melulu hanya satu jenis bahan aktiv).
4. Jangan lupa gunakan perekat, perata dan penembus.
5. Sebaiknya penyemprotan dilakukan dua hari sekali.
6. Perbaiki sanitasi lahan untuk mencegah penyebaran spora jamur dan menjaga kelembaban lingkungan sekitar (bersihkan rumput liar yang tumbuh disekitar gulutan atau tanaman).
7. Keberhasilan pengobatan ini sangat dipengaruhi varietas/kultivar cabe yang kita tanam dan fase pembuahan (biasanya pembuahan ke-2 atau buah atas pengendaliannya cukup sulit).
Bercak Daun
8. Jika serangan penyakit sudah terhenti, ambil perekat 5 liter dan obat sistemik 250 ml (sebaiknya pilih kemasan obat yang memiliki dua kandungan bahan aktiv sekaligus), campur, lalu gunakan setiap penyemprotan sebagaimana kita menggunakan perekat. Obat kontak tetap kita masukan sebagaimana biasa kita menyemprot tanaman.

(Ditulis Berdasarkan Pengalaman)

10 komentar:

  1. Saya mau tanya, bagaimana kalau pada saat pengocoran pupuk kita campur dengan fungisida (mis: propineb atau asibensolar s metil )

    BalasHapus
  2. Jika sasarannya utk mencegah/mengobati jamur di perakaran nggak apa2, tp pengocoran fungsi tdk py pengaruh utk serangan jamur di daun, batang atau buah.

    BalasHapus
  3. gak usah pusing ... beli renzo 250 ec + nefos 45 wp atau renzo + platon 3 kali aplikasi serangan hilang tanpa bekas.... ingat renzo+ziflo bagus untuk pengocoran....

    BalasHapus
  4. bahan alami ada gak ya buat ngusir cacar daun ...

    BalasHapus
  5. kalau buah melon busuk gimana penanggulangannya?

    BalasHapus
  6. yang paling ampuh mengatasi busuk, adalah obat lima jari. caranya Cabut + buang, selesai deh . . .
    Kalo yg lain ane udah coba smua, tp sia2 . . .

    BalasHapus
  7. Informasi yang bermanfaat,Terima kasih.
    http://deni_yudhistira.student.ipb.ac.id

    BalasHapus
  8. Informasi yang bermanfaat dan sangat membantu, terima kasih

    BalasHapus